• info@smkn1nganjuk.sch.id
  • 0358-321483

SEJARAH

Pada tahun 1966 di kota Nganjuk berdiri sebuah sekolah teknik menengah swasta yang pertama kali yaitu  STM “Persiapan Negeri”, yang didirikan oleh Pemda Tk II Kab. Nganjuk bersama masyarakat Teknik Adapun tempatnya menumpang pada Gedung Sekolah Kepandaian Putri (SKP), Jl. Veteran Nomor 41 Nganjuk yang kemudian menjadi gedung milik Sekolah Teknik (ST). Sekolah tersebut selanjutnya menjadi SMP Negeri 3 Nganjuk yang kemudian bernama SLTP Negeri 3 Nganjuk.(sekarang menjadi smpn 3 nganjuk)
Pada awalnya STM Swasta “Persiapan Negeri” tersebut  dipimpin oleh Kepala Sekolah Bapak Sudarto dan wakilnya Bapak Soetadjid HP, sedangkan guru-guru pengajarnya adalah Gurur-guru dari ST (Sekolah Teknik) dan dari Kantor Pekerjaan Umum Daerah (PUD) Kab Nganjuk.
 
Jurusan yang ada pada waktu itu adalah : Teknik Bangunan Gedung  dan Teknik Bangunan Air. Pada tahun 1967 Jurusan yang ada ditambah dengan Jurusan Pertanian yang terdiri dari dua jurusan yaitu Jurusan Prossesing dan Produksi. Pada tahun 1967 itu pula kepala sekolahnya diganti Bapak Ir Soekajat dari dinas Pertanian dengan wakil Bapak Soetadjid HP dan gurunya dibantu dari Dinas Pertanian Nganjuk, STM Jember, Guru-guru ST (Sekolah Teknik) dan Guru-guru bantuan dari Kantor Pekerjaan Umum Daerah  (PUD) Nganjuk.
 
Pada tahun 1968 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Inspeksi Pendidikan Teknologi Kantor Daerah Direktorat Djenderal Pendidikan Dasar Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur diputuskan bahwa :
 
Terhitung mulai tanggal 10 Nopember 1968 STM Swasta “Persiapan Negeri” Nganjuk dijadikan berstatus Negeri filial STM Negeri II (Kimia) Surabaya dengan jurusan-jurusan :
1. Pertanian (di Nganjuk).
2. Bangunan Air (di Nganjuk).
3. Bangunan Gedung (di Nganjuk).
4. Mesin Umum (kelas jauh di Kertosono).
5. Listrik (kelas jauh di Kertosono).
 
Setelah sekian melewati perjalanan yang cukup melelahkan sekolah kita ini resmi menjadi “STM Negeri Nganjuk”dengan Kepala Sekolah Bapak Soebijanto, BE. dan wakilnya Bapak Harjono, BE.
Kemudian mulai Tahun pemelajaran 2004/2005 dibuka program studi baru yaitu Multi Media, sedang untuk Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik untuk tingkat satu diubah namanya sesuai dengan Kurikulum SMK Edisi 2004 menjadi Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik(dan sekarang menjadi teknik instalasi tenaga listrik).
 
Kemudian pada Tahun pelajaran 2006/2007 dibuka lagi Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang merupakan syarat yang diwajibkan oleh Dikmenjur kepada SMK Negeri 1 Nganjuk agar bisa ditetapkan sebagai ICT – Center di Kabupaten Nganjuk.
 
Demikian sejarah singkat sekolah ini.



Komentar Facebook